Menjelajahi Taman Nasional Teluk Cendrawasih Yang Eksotis

Menjelajahi Taman Nasional Teluk Cendrawasih Yang Eksotis  


Jaring Wisata | Papua Barat yang terletak diujung barat Pulau Papua bukan saja populer dengan Raja Ampat saja. propinsiini memiliki potensi alam yang begitu luar biasa indah untuk dijelajahi. Salah satu Tempat Wisata Andalan Papua Barat yakni Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang membentang dari timur Semenanjung Kwatisore hingga utara Pulau Rumberpon dengan panjang garis pantai sekitar 500 kilometer.

Menjelajahi Taman Nasional Teluk Cendrawasih Yang Eksotis MENJELAJAHI TAMAN NASIONAL TELUK CENDRAWASIH YANG EKSOTIS

Taman Nasional Teluk Cendrawasih yakni Taman Nasional Yang Eksotis yang terletak di Teluk Cendrawasih, propinsiPapua Barat, Indonesia.  Taman yang mencakup Pulau Mioswaar, Pulau Nusrowi, Pulau Roon, Pulau Rumberpon dan Pulau Yoop menyajikan perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai mangrove dan hutan tropika daratan Pulau Papua yang indah.

Di Pulau Rumberpon Anda sanggup melaksanakan acara pengamatan satwa (burung), penangkaran rusa, wisata bahari, menyelam dan juga snorkeling. Sementara di Pulau Nusrowi, Anda sanggup melaksanakan acara menyelam dan snorkeling, wisata laut dan pengamatan satwa.

Menjelajahi Taman Nasional Teluk Cendrawasih Yang Eksotis MENJELAJAHI TAMAN NASIONAL TELUK CENDRAWASIH YANG EKSOTIS

Sementara di Pulau Mioswaar Anda akan disajikan dengan sumber air panas, air terjun, menyelam dan snorkeling, pengamatan satwa dan wisata budaya. Di Pulau Yoop, Anda sanggup mengamati keberadaan ikan Puas Biru dan lumba-lumba. Sementara di Pulau Room, Anda akan disuguhkan dengan tempat pengamatan satwa burung, menyelam dan snorkeling, air terjun, wisata budaya dan gereja tua.  

Mejalani penyelaman di Taman Nasional Teluk Cendrawsih, Anda akan disambut dengan 150 jenis karang dari 15 famili ibarat koloni karang biru (Heliopora Cuerilea), Karang Hitam (Antiphates s.p), Famili Paviidae dan Pectiinidae serta banyak sekali jenis karang lunak.

Baca Juga : 7 Kekayaan Alam Papua Yang Tak Ternilai Harganya


Menjelajahi Taman Nasional Teluk Cendrawasih Yang Eksotis MENJELAJAHI TAMAN NASIONAL TELUK CENDRAWASIH YANG EKSOTIS

Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga kaya akan banyak sekali jenis ikan. Lebih dari 209 jenis ikan ada di perairan ini ibarat butterflyfishm angelfish, damselfish, parrotfish, rabbitfish dan juga anemonefish. Sementara jenis moluska yang ada diperairan ini yakni keong cowries, keong strombidae, keong kerucut, triton terompet serta kima raksasa.

Selain itu di tempat ini Anda juga sanggup menjumpai keberadaan binatang langka Penyu Sisik, Penyu Hijau, Penyu Lekang, Penyu Belimbing, Dugong, Paus Biru, Ketam Kelapa, Lumba-Lumba dan Hiu. 


Menjelajahi Taman Nasional Teluk Cendrawasih Yang Eksotis MENJELAJAHI TAMAN NASIONAL TELUK CENDRAWASIH YANG EKSOTIS

Selain sanggup menikmati keindahan bawah laut Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Anda juga sanggup menikmati keindahan alam daratan. Disini juga terdapat gua alam yang adalah peninggalan zaman purba. Rasakan sumber air panas yang mengandung sulfur tanpa kadar garam di Pulau Misowaar, Jelajahi gua dalam air dengan kedalaman 100 feet di Tanjung Mangguar serta menjumpai beberapa peninggalan dari periode ke-18 di Wendesi, Wasior dan Yomber atau berkunjung ke Desa Yende (Pulau Room) untuk mengunjungi sebuah gereja yang masih menyimpan kitab suci terbitan tahun 1898.

Di samping itu baru-baru ini telah ditemukan sebuah gua yang diklaim sebagai Gua Terdalam Di Dunia oleh tim ekspedisi speologi Perancis di tempat Pegunungan Lina , Kampung Irameba, Distrik Anggi, Kabupaten Manokwari, propinsiPapua Barat, Indonesia. Gua ini diperkirakan mencapai kedalaman 2000 meter.

Kawasan Papua Barat dan Taman Nasional Teluk Cendrawasih Yang Eksotis masih banyak menyimpan misteri kekayaan alam yang perlu Anda jelajahi. 

Akses Menuju Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Dari tempat Anda, arahkan penerbangan menuju Kota Biak. Selanjutnya dari Kota Biak memakai pesawat menuju Kota Manokwari atau Nabire. Dari Manokwari atau Nabire ke Lokasi Taman Nasional Teluk Cendrawasih (Pulau Rumberpon) memakai longboat dengan waktu tempuh sekitar 5,5 jam atau dari Manokwari ke kota kecamatan Ransiki dengan memakai perjalanan darat selama sekitar 3 jam dan dilanjutkan dengan memakai motorboat sekitar 2,5 jam. 

Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs



Baca Juga:

Langganan Via Email

Post a Comment

Copyright © | by: Me